Tiga sekuritas dominasi penjaminan emisi

JAKARTA: Tiga perusahaan sekuritas-PT Danareksa Sekuritas, PT Bahana Securities, dan PT Danatama Makmur-mendominasi penguasaan pangsa pasar penjaminan emisi surat utang dan saham yang mencapai US$1,58 miliar sepanjang 2006. PT Danareksa Sekuritas, PT Bahana Securities, dan PT Danatama Makmur masing-masing menguasai pangsa pasar 12,5%, 11,2%, dan 10,2%, sedangkan 18 perusahaan sekuritas lainnya harus puas mengantongi pangsa pasar 0,1%-8,8% untuk total 48 emisi.

PT Danareksa merajai pangsa pasar kedua jenis emisi itu dengan menjamin emisi US$198,03 juta. Berdasarkan data Bloomberg, tahun lalu Danareksa unggul dibandingkan dengan 14 sekuritas lokal lainnya yang secara total menjamin 35 emisi obligasi korporasi senilai Rp11,36 triliun. Dari 35 emisi itu, 12 ditangani Danareksa dengan nilai emisi Rp1,54 triliun. Perusahaan sekuritas ini juga mengantongi kontrak penjaminan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) PT Mobile-8 Telecom Tbk senilai US$6,13 juta.

Di urutan kedua, PT Bahana Securities mengantongi kontrak underwriting bernilai US$178,35 juta. Selain menjamin emisi surat utang sebesar Rp1,5 triliun, Bahana juga menjamin emisi IPO PT Bank Bukopin Tbk senilai US$16,32 juta. Secara terpisah, pada pasar emisi saham, PT Danatama Makmur menguasai pangsa pasar tertinggi sebesar 49% untuk emisi senilai US$161,02 juta. Keberadaan Danatama ini telah menyingkirkan CIMB yang tahun sebelumnya memimpin dengan pangsa pasar 82,8% dan nilai emisi US$292,09 juta.

Pada 2005, dari sembilan emisi bernilai US$353 juta, CIMB menjamin dua emisi saham, yaitu PT Excelcomindo Pratama Tbk dan PT Multistrada Arah Sarana Tbk, masing-masing US$280,31 juta dan US$11,77 juta. Sebagai perbandingan, tahun lalu ada 10 underwriter yang menjamin  12 emisi saham bernilai total US$328 juta. Dari selusin emisi saham itu, Danatama menduduki peringkat pertama nasional dari segi jumlah dan nilai emisi.

50 Besar

Danatama juga berhasil masuk ke dalam peringkat 50 terbesar untuk penjaminan emisi saham dan sekuritas lainnya di Asia Pasifik selain Jepang, dengan berada di posisi ke-48 dan menguasai pangsa pasar 0,1%. Tahun lalu, perusahaan sekuritas ini membantu tiga perusahaan untuk masuk bursa, yakni PT Bakrie Telecom Tbk, PT Truba Alam Manunggal Engineering Tbk, dan PT Central Proteina Prima Tbk. Nilai emisi masing-masing perusahaan itu adalah US$65,05 juta, US$60,01 juta, dan US$35,95 juta.

Dirut PT Datanama Houston Yusuf mengatakan tahun ini seperti tahun lalu pasar cukup bagus. Dia mengatakan tahun ini perusahaannya memfokuskan diri untuk menjamin IPO. “Pada 2005, kami lebih banyak membantu rights issue, sedangkan tahun lalu seluruhnya menjamin IPO, dan tahun ini juga akan begitu,” kata Houston.

Sementara itu, PT Bhakti Investama menduduki peringkat kedua nasional sebagai penjamin emisi saham dengan pangsa pasar sebesar 11,6%. Perusahaan ini tahun lalu menjamin IPO dua anak perusahaan afiliasinya (PT Bimantara Citra Tbk), yaitu PT Indonesia Air Transport Tbk dan Mobile-8 yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta pada 13 September 2006 dan 29 November 2006, melakukan IPO senilai US$6,13 juta dan US$31,92 juta.

Pada peringkat pertama di kawasan Asia Pasifik, terdapat UBS dengan pangsa pasar 13,2% dengan nilai penjaminan US$19,56 miliar. Lalu di posisi kedua dan ketiga ada Goldman Sachs & Co dan Citigroup. Di kawasan ini, tahun lalu ada sebanyak 1.152 emisi bernilai total US$148,69 miliar yang dijamin oleh 230 underwriter. Khusus untuk pasar AS, Citigroup menduduki peringkat pertama setelah menjamin 865 emisi bernilai US$220,17 miliar atau merebut pangsa pasar sebesar 7,7%.

*Berita ini terbit di Bisnis Indonesia, edisi 8 Januari 2007.

7 thoughts on “Tiga sekuritas dominasi penjaminan emisi

  1. Selamat pagi bu,
    Saya Gabriela Nadha. Saat ini saya membutuhkan peringkat terbaru penjamin emisi di Indonesia untuk IPO market analysis. Apa ibu bisa membantu saya mendapatkan data itu atau memberikan informasi dimana saya bisa mendapatkan data tersebut?
    Terimakasih sebelumnya,,

    Sincerely
    Gabriela.

    • Selamat siang Bu Grabriela,

      Bukan maksud saya promosi tapi data bisa dicari di Bloomberg, penyedia data yang bisa diakses secara berlangganan, atau dari koran ekonomi seperti Bisnis Indonesia dan Investor Daily. Kedua koran ini biasa update peringkat penjamin emisi secara berkala. Mohon maaf saya tidak bisa bantu lebih jauh.

      Salam,
      pudji

    • ketik aja “League” sebagai kata sandinya lalu “go/enter”, atau mungkin nanti mesinnya redirect ke Leag Table, yaitu data mengenai penjaminan emisi saham dan utang global. Nanti itu tinggal disetting, pilih “market” (misal Asia Pacific atau Indonesia) lalu pilih “IPO” atau “Debt market” lalu setting juga periode datanya. Silahkan mencoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s